Talk Less Do More : Jangan Cuma Bisa Ngomong

kemarin adalah tanggal 9 Desember 2011 yang diperingati sebagai Hari Antikorupsi Sedunia.
Indonesia, yang notabene adalah negara peringkat 4 terkorup di dunia, juga ikut merayakannya.

Saya melihat berita di salah satu stasiun TV lokal di kota saya. Yang memberitakan bahwa telah terjadi orasi ikatan BEM Universitas di kota saya. Saya melihat si wartawan meliput spanduk yang bertuliskan 'Turunkan Rezim Presiden kita sekarang ini'.

Terbersit di pikiran saya, 'Kok seenak udelnya mereka menyuruh Pak Presiden turun?', 'Apakah kalau Presiden turun mereka bisa menggantikan beliau?'.
Jujur, Saya tahu memang dalam pemerintahan Presiden kita yang sekarang kasus korupsi masih merajalela dan memang tak adanya tindakan yang tegas dari Pak Presiden. Tapi, bukan berarti kita mendiskreditkan kerja keras beliau selama ini. Banyak yang harus ditangani oleh Pak Presiden kita. Sampai beliau sering curhat, sekali lagi mahasiswa menghujat 'Presiden Kok Senang Curhat?'. Salahkah seorang presiden curhat? Beliau juga manusia. Sudah terlalu berat beban yang ditanggung beliau.

Sekarang saya ingin mengajukan pertanyaan pada mahasiswa-mahasiswa ini.
1. Apakah kalian bisa mengemban tanggung jawab memimpin sebuah negara?

Negara kita ini kompleks, tak hanya korupsi problem kita. Tapi juga penjajahan modern dan pengeksploitasian alam.

2. Apa kalian sanggup mempertanggung jawabkan tuntutan kalian pada Presiden kalau kalian sudah menjabat nanti?

Ingat pada masa reformasi? Mahasiswa seluruh Indonesia menginginkan Presiden masa itu turun karena dugaan korupsi yang nyatanya sampai sekarang tak terbukti. Lalu kemanakah para mahasiswa tersebut sekarang? Sudah duduk di Senayan dan bergiliran menghambur-hamburkan uang rakyat kah sekarang? Atau sudah menjadi pengusaha sukses lalu menyuap tender? Apa kalian tidak ingat dengan apa yang kalian tuduhkan? Apa kalian tidak ingat dengan keidealisan kalian waktu itu?

3. Apa kalian cukup bijaksana bila menjadi pemimpin sebuah negara?

Lihatlah pada diri kalian. Apa kalian ikut demonstrasi cuma ingin eksis di siaran berita Televisi? Apakah memang kalian sadar akan hidup rakyat miskin? Toh, juga banyak dari kalian yang akhirnya jatuh ke perangkap narkoba. Banyak juga dari kalian akhirnya ketika menjadi pejabat lupa akan orasi kalian.

Jadi, boleh kita berpendapat dan mengkritik sistem pemerintahan. Boleh kita menjadi idealis dan menuangkannya dalam sebuah orasi. Tapi, kembalikan semua pada diri kalian. Menjadi pemimpin itu tidaklah mudah. Menjadi pemimpin diri sendiri saja susah apalagi memimpin sebuah negara?

Jadi, para mahasiswa yang budiman. Berhentilah meminta turun Presiden sekarang. Berilah Beliau kesempatan untuk membuktikan pada kalian, bahwa Beliau adalah Presiden yang bertanggung jawab.








Comments

  1. artikel yg ga berkualitas!

    ReplyDelete
  2. segi tidak berkualitas darimana?
    tersindir ya?

    ReplyDelete
  3. hargai karya orang lain gan :k:

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for visiting my blog, kindly leave your comment below :)