BlackBerry kebutuhan? atau keren-kerenan?

Sejak 2 tahun yang lalu, alat komunikasi berbentuk seperti mendol yang bernama Blackberry menjadi sebuah tren di kalangan masyarakat menengah ke atas. Tren yang dibawa si mendol ini apakah tren positif atau tren negatif? Hal ini tentu saja dilihat dari sudut pandang masing-masing individu yang cukup cerdas untuk memanfaatkan si smartphone sejuta umat ini. Namun, beberapa remaja dan individu dari kalangan menengah ke atas rupanya sudah mulai menggeser arti kebutuhan mereka terhadap BB yang semula berguna sebagai alat komunikasi menjadi sebuah alat untuk menunjukkan status sosial mereka. Apakah Anda setuju?
Bahkan tahun lalu, dalam postingan saya berjudul Consumptive Culture Spreads in Indonesia, memberitakan bahwa penggemar BB yang ingin membeli BB keluaran terbaru waktu itu, BB Bellagio sampai pingsan karena berdesak-desakan dengan pembeli yang lain. Wah sungguh miris!








Memang Blackberry smartphone didesain bagi orang yang memerlukan komunikasi bebas dan lengkap setiap saat seharian penuh *wah lebay banget ya?* dan tentu saja tak semua orang butuh berkomunikasi dengan kolega, rekan kerja, orang tua, sahabat sepanjang hari dan setiap waktu. Maka dari itu, kita dituntut untuk cerdas. Kita harus bisa membedakan yang mana "berkomunikasi" dan "eksis", salah satu dari hal ini yang telah disalahgunakan oleh masyarakat kita.

Untuk kalangan remaja atau bahkan anak SD contohnya. Apakah setiap saat mereka butuh twitteran dengan teman-teman mereka? Apakah setiap saat mereka perlu mengupdate status Facebook mereka? Apakah setiap 5 menit mereka butuh mengganti display picture BBM mereka? Rasanya, hal itu sangat tidak penting bagi pengguna BB "Asli", maksud saya disini, kegiatan para remaja yang menyalahgunakan smartphone BB ini malah membuat orang lain merasa risih. Bahkan di KasKus, perdebatan mengenai hal ini berlangsung panas dan alot.

Seharusnya, memang kita sebagai manusia harus bisa memilah yang mana sih BERKOMUNIKASI SECARA BEBAS SEHARIAN? dan yang mana pula EKSIS BIAR DISANJUNG KAWAN? Berkomunikasi secara bebas seharian adalah  
  1. ketika butuh melihat e-mail dari pelanggan secara langsung tanpa diganggu sinyal yang ngadat,  
  2. ketika kita perlu mengirimkan file untuk meeting di kantor dengan lancar tanpa slow connection,  
  3. ketika kita butuh teman dengan cukup kirim BBM tanpa pending seperti SMS pada HP biasa pada umumnya,  
  4. ketika kita butuh telepon pada orang tua untuk meminta uang darurat *loh* tanpa putus-putus, 
hal yang benar-benar penting seperti itu yang memang kita butuhkan dan itu yang dimaksud dengan berkomunikasi secara bebas (tanpa hambatan) seharian.

Bukan EKSIS DISANJUNG KAWAN karena tiap 5 menit ganti Display Picture, bukan karena tiap 3 detik update status Facebook dan Twitter, bukan untuk broadcast SMS gak penting, bukan buat iseng nge-ping orang lain cuma buat test contact. Duh, rasanya itu pekerjaan yang sangat gak bermutu dan membuat pengguna BB "Asli" ikut dicap sebagai manusia ALAY, manusia yang sok keren, manusia yang mentang-mentang punya BB udah ngaku kaya (padahal masih minta orang tua sambil nangis guling-guling). Please, Kita harus cerdas, kita harus bisa memilah mana kebutuhan dan mana yang cuma buat gaya-gayaan. Kasihan kan orang yang benar-benar butuh BB juga ikut dicap negatif?

Intinya, kita butuh komunikasi untuk berbagi informasi yang berguna dari satu orang ke orang yang lain dengan tujuan mendapatkan umpan balik. Dan untuk hal itu, kita butuh kelancaran dalam penyampaian infromasi yang kita punya. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, kita butuh provider yang mempunyai sinyal kuat, kemampuan transmisi data lancar, bebas menghubungkan kita dengan orang tersayang seharian dan tentunya juga murah di kantong. Untuk itu kita pilih Indosat sebagai provider utama untuk mendukung kelancaran komunikasi kita yang bebas, tanpa batas seharian!




Klik Di Sini untuk Bantu Vote Yaa

Comments

  1. menang rek.. awkkww...
    buat aku ae sini gee :D
    hihii
    congratz yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih mami :kiss
      :ilovekaskus :iloveINA
      gimana isinya mi?

      Delete
  2. cihuiii menang! selamat yak

    ReplyDelete
  3. wahh..,,keren tulisan ente gan,emg pantas artikel ente jd runner up kontes blog bersama indosat..,ane nyasar ksni dr lintas.me yg ngumumin pemenangnya..,selamat y gan.,sukses..
    :2thumbup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya gan, ane gak bisa nulis kayak gini kalau engga sering-sering nongkrong di kaskus :D
      ente ikutan lomba ini juga gan?

      Delete
  4. selamat atas kemenangannya ya sob :)

    ReplyDelete
  5. Selamat ya udah jadi pemenang ke-2 :)
    Sukses selalu dan salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih yaa :D Anda malah menjadi juara pertamanya :D dapat iPad nih

      Delete
  6. makasih banyak ya gan buat infonya

    ReplyDelete
  7. Informasinya keren banget nih...

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for visiting my blog, kindly leave your comment below :)