Monday, April 9, 2012

Blog Sebagai Media Pemasaran OnLine

Beberapa waktu yang lalu, setelah iseng-iseng mencoba mie yang unik bin ajaib yakni Mie Buto Ijo, Saya menulis review tentang kesedapan mie tersebut lengkap dengan perbandingan rasa dengan pesaingnya, yakni Mie Setan. Tulisan saya mengenai mie buto ijo dan mie setan dapat dibaca disini. Dari keisengan saya menulis review dari mie buto ijo itu dan kemudian mentweetkan link-nya, maka secara tidak sengaja pula popularitas blog Saya dan tentunya warung Buto Ijo itu semakin ramai. Bahkan Saya bisa mengenal bang Andre dari twitter, Bang Andre ini bakul minum di kedai Mie Buto Ijo.

Dari situ, begitu Saya lihat statistik blog Saya semakin meningkat dari hari ke hari, Saya sendiri juga sampai heran, ternyata Postingan Saya juga muncul di KASKUS dan juga di Lintas.Me wah Saya cukup berbangga akan hal ini.

Statistics Per Month

Statistics Per Weeks

Statistics all Time

On Lintas.Me

Saya pikir, media pemasaran online sekarang ini merupakan strategi bisnis yang menjanjikan bagi bisnis yang baru saja dibuka, tentu dengan syarat bisnis itu harus nyata dan benar-benar terbukti ada, jadi bukan hanya fiktif. Media pemasaran online selain menguntungkan bagi blogger untuk mendapatkan traffic yang padat juga menguntungkan bagi si penjual itu sendiri. Media pemasaran online tak memerlukan biaya yang cukup besar dan tak memerlukan tenaga yang berlebihan pula. Cukup menggunakan hosting gratis atau gunakan layanan blog gratis, buat webnya dan selesai! Tak perlu membayar orang sebagai kurir bagian pemasaran, tak perlu bersusah payah mencetak brosur (terkadang hal ini perlu untuk mengembangkan pemasaran secara pesat), dan tentunya, hanya dengan Blog kita bisa menghemat BBM yang memakan biaya transportasi.

Kalau kita berpikir, membuka toko online kurang dipercaya, hal itu bisa kita akali dengan memasang/mengunggah foto Kantor/Kedai agar terlihat lebih nyata, juga membuat akun jejaring sosial sebagai sarana berhubungan dengan pelanggan, dan jangan lupa untuk memasang Contact Person di setiap akun online yang kita miliki. Masyarakat zaman sekarang pun lebih suka mencari referensi makanan, tempat nongkrong, atau jalan lewat internet. Dan tentunya, menggunakan search engine Google.

Keyword SEO inilah yang menentukan popularitas postingan kita. Maka dari itu, setidaknya sebagai wirausahawan berbasis teknologi kita juga harus menimba ilmu SEO dan blogging agar usaha kita semakin terkenal lewat internet. Om Google tentunya tertarik untuk mengindeks hal yang belum pernah ditulis orang sebelumnya, seperti kasus saya ini, walaupun sebelumnya ada postingan mengenai Mie Buto Ijo, setelah Saya promote lewat twitter ternyata impact terhadap statistik blog cukup besar.

Dalam hal online dan media pemasaran online ini, kita tak bisa hanya menggunakan satu fasilitas jejaring sosial. Alangkah lebih baik bila kita menggunakan 2 atau lebih jejaring sosial sebagai alat promosi. Dalam kasus Saya, twitter sangat membantu. Pihak yang membantu saya mempromosikan postingan tentang Mie Buto Ijo dan Mie Setan dari twitter adalah UpdateBlog dan infomalang.

Nah, sebagai wirausahawan muda yang punya potensi besar lebih baik kita gunakan kecanggihan teknologi gratis ini. Menghemat beban biaya iklan, dan tentu saja menghemat beban biaya kendaraan juga. Aliran kas nya bisa digunakan di pos lain yang lebih membutuhkan untuk kelancaran produksi.

Mari optimalkan Blog gratis sebagai Media Pemasaran Online!

No comments:

Post a Comment