Pentingnya Asuransi Kesehatan

Banyak produk perbankan yang menawarkan kemudahan transaksi dan kebebasan finansial namun tentu saja tak semua produk tersebut menawarkan kualitas yang sebanding dengan yang mereka gembar-gemborkan. Dalam menyusun rencana masa depan, untuk hal pendidikan, investasi properti dan usaha, juga asuransi jiwa dan kesehatan kita diharuskan untuk memilih layanan perbankan yang berkualitas dan tentu saja menawarkan kemudahan dalam setiap transaksi yang dilakukan. Tak hanya itu, sebagai nasabah atau lebih tepatnya konsumen yang baik kita juga diwajibkan menimbang segi ekonomis dan efisiensi penggunaan dana untuk investasi masa depan.




Kebanyakan produk perbankan yang ditawarkan selama ini hanyalah mengandalkan suku bunga tinggi tetapi kualitas 0 besar. Apalagi untuk asuransi kesehatan yang setiap pembayaran preminya, nasabah diminta dengan paksa untuk segera membayarkan kewajiban. Namun ketika klaim keluar nasabah mendapatkan haknya dengan cara yang dibuat rumit oleh perusahaan asuransi. Dan untungnya, sejauh ini belum ada kasus serupa yang ditemui di Bank BCA ketika kita mulai mempercayakan investasi kesehatan dan jiwa kita kepadanya.

Asuransi kesehatan di Indonesia merupakan hal yang  relatif baru bagi kebanyakan penduduk Indonesia karena istilah asuransi kesehatan  belum  menjadi perbendaharaan kata umum.

Perkembangan asuransi kesehatan di Indonesia berjalan sangat lambat dibandingkan dengan perkembangan asuransi kesehatan di beberapa negara tetangga di ASEAN. Penelitian yang seksama tentang faktor yang mempengaruhi perkembangan asuransi kesehatan di Indonesia tidak cukup tersedia. Secara teoritis beberapa faktor penting dapat dikemukakan sebagai penyebab lambatnya pertumbuhan asuransi kesehatan di Indonesia, di antaranya permintaan(demand) dan pendapatan penduduk rendah, terbatasnya jumlah perusahaan asuransi, dan buruknya kualitas fasilitas pelayanan kesehatan serta tidak adanya kepastian hukum di Indonesia. 

Penduduk Indonesia pada umumnya merupakan risk taker untuk kesehatan dan kematian. Sakit dan mati dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang religius merupakan takdir Tuhan dan karenanya banyak anggapan yang tumbuh di kalangan masyarakat Indonesia bahwa membeli asuransi sama artinya dengan menentang takdir. Hal ini menyebabkan rendahnya kesadaran penduduk untuk memebeli atau mempunyai asuransi kesehatan. Selain itu, fasilitas kesehatan sebagai faktor yang sangat penting untuk mendukung terlaksananya asuransi kesehatan juga tidak berkembang secara baik pendistribusiannya juga tidak merata. 

Sedangkan dari sisi regulasi, pemerintah Indonesia relatif lambat memperkenalkan konsep asuransi kepada masyarakat melalui kemudahan perijinan dan kepastian hukum dalam berbinis asuransi atau mengembangkan asuransi kesehatan bagi masyarakat luas.

Banyak orang berpikir bahwa asuransi kesehatan tidaklah penting. Namun pernahkan terlintas di benak kita, apa yang akan terjadi apabila musibah dan penyakit datang tiba-tiba sehingga kita terpaksa harus dirawat di rumah sakit. Kita mungkin harus membayar obat lebih mahal hingga tabungan kita terkuras habis dan tentunya ini bukanlah situasi yang kita harapkan untuk terjadi. Sebaliknya, bukankah sangat membantu jika kita telah memiliki asuransi kesehatan yang bisa membantu kita dalam membayar biaya pengobatan? Semakin terasa bagi kita bahwa biaya kesehatan semakin hari semakin mahal. Membayar dokter, membeli obat, dan rawat inap adalah beberapa contoh biaya yang harus dibayar ketika kita atau anggota keluarga terserang penyakit.

Oleh karena itu, faktor yang harus dicermati adalah cakupan dukungan asuransi kesehatan yang diberikan sebelum menentukan pilihan asuransi kesehatan. Apakah cakupan tersebut meliputi rawat jalan dan rawat inap? Adakah penyakit tertentu yang tidak dijamin oleh perusahaan asuransi? Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah tempat layanan kesehatan yang masuk dalam program asuransi, apakah dapat memilih dokter atau rumah sakit yang dikehendaki ataukah terbatas pada rumah sakit yang telah ditunjuk? Semua harus diperhatikan, termasuk bila jaminan efektif mulai berlaku. Misalnya, ada asuransi kesehatan tertentu baru mulai menjamin setelah 30 hari setelah penandatangan perjanjian.

Pelayanan asuransi kesehatan pada saat ini sangat bervariasi, selain menawarkan jaminan pembiayaan sewaktu sakit, juga tersedia produk asuransi kesehatan yang mengkombinasikan dengan layanan tertentu seperti pemberlakuan sebagain preminya dalam bentuk tabungan atau investasi. Sudah tentu tawaran ini menarik, tetapi biasanya premi asuransi yang ditawarkan juga akan lebih besar. Di samping itu, sebenarnya mereka juga ikut program asuransi dalam usia muda akan mendapat beberapa kemudahan, misalnya tidak diperlukan pemeriksaan kesehatan dan juga perlu diingatkan bahwa premi asuransi akan meningkat dengan meningkatnya usia nasabah.

Asuransi kesehatan merupakan kebutuhan asuransiyang paling utama sebelum anda memiliki program asuransi dan investasi lainnya. Karena kesehatan adalah modal dasar anda untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan ini. Tingginga polusi ibu kota dan pola hidup yang semakin tidak teratur dengan kebutuhan olahraga dan istirahat yang tidak cukup, termasuk juga pola makan yang kini semakin instan, semua itu semakin meningkatkan resiko terhadap kesehatan. Jadi peluang seseorang untuk sakit sangatlah tinggi.

Berdasarkan pentingnya asuransi kesehatan bagi diri kita sepeerti yang telah dijelaskan di atas, maka mengapa kita tidak mencoba melindungi aset berharga kita yakni kesehatan yang tak bisa dinilai dengan uang. Segeralah menuju Kantor Cabang BCA terdekat dan segera apply sebagai pemegang polis asuransi BCA.

Comments