Review Film : Men In Black 3




Directed by
Barry Sonnenfeld
Produced by Walter F. Parkes
Laurie MacDonald
Written by Etan Cohen
Based on The Men in Black by
Lowell Cunningham
Starring Will Smith
Tommy Lee Jones
Josh Brolin
Jemaine Clement
Michael Stuhlbarg
Emma Thompson
Music by Danny Elfman
Cinematography Bill Pope
Editing by Don Zimmerman
Studio Amblin Entertainment
Parkes + MacDonald
Imagenation Abu Dhabi
Hemisphere Media Capital
Distributed by Columbia Pictures
Release date(s)
  • May 23, 2012 (France)
[1]
  • May 25, 2012 (US and UK)
Running time 106 minutes

6 Hari setelah tanggal rilisnya, akhirnya kesampean juga nonton Men In Black (Men In Black Suite who arrest alien crime). Nah, sebenernya gue belum nonton nih MIB 1 sama MIB 2 tapi karena ini termasuk film science fiction jadi masuk dalam list nonton film gue. At least, filmnya emang amazing! Miracle

Awalnya gue agak pusing dengan ceritanya yang bermula dari kaburnya (baca:  lolosnya) tahanan kelas kakap dari penjara Lunar-Maxx yang bernama Boris The Animal *Boris shout: It's Just Boris!* oops! Dari sinilah ceritanya mulai tertarik ke belakang. Alurnya sih engga flashback tetapi kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan sejarah (masa depan) and That's why the tagline said so.

Lanjut, si Boris ini rencananya ingin mengubah sejarah untuk membuat bangsanya, Bangsa Boglodite tidak punah karena hanya dia satu-satunya bangsa Boglodite yang tidak dibunuh oleh Agen K (Tommy Lee Jones). Oh ya, sekedar saran buat self-awareness: Jangan beli popcorn atau mekanan apapun saat menonton film ini karena dipenuhi dengan *yuck things* hal-hal yang membuat perut Anda mulas dan mau muntah di bagian awal film. Lanjut! Boris The Animal ini usut punya usut juga punya dendam sama Agen K karena telah memutus tangannya akhirnya setelah dia berhasil kabur dari Lunar-Maxx dia pergi ke bumi dan menemui Jeffrey Price anak Obadiah Price untuk mencuri mesin waktu dan berusaha mengubah sejarah.

Si konyol Will Smith yang memerankan agen J, partner agen K, awalnya belum mengetahui apapun perihal dendam di antara Boris dan Agen K sehingga ia penasaran dan mencoba mengorek infomasi. Sayangnya, korekan informasi tersebut malah membuat hubungan rekan setim ini menjadi renggang dan dimulailah petualangan menjelajah waktu ke tanggal 16 Juli 1969 dimana sejarah mencatat bahwa ketika Manusia pertama kali ke bulan, agen K berhasil membuat jaringan Arc yang mencegah bangsa Boglodite menginvasi bumi dan mampu mengalahkan Boris The Animal.

Sebelum menuju 16 Juli 1969, Agen K mengaktifkan peluru waktu yang membuat waktu terpotong dan membuat dirinya seolah mati. Pada saat itu pula (setting masih masa depan) bangsa Boglodite melancarkan invasi ke bumi. Saat inilah agen J mulai mencari kebenaran dan mulai mencari mesin waktu di Jeffrey Price seorang diri. Antara perpindahan scene dari sinilah yang membuat kita sedikit bingung, Bagaimana Agen K bisa dinyatakan gugur? Ini settingnya sudah berubah menjadi masa lalu atau bagaimana? Karena sutradara seolah menginginkan kita juga hanyut dalam penghapusan karakter agen K sejenak.

Setelah berhasil menemukan mesin waktu itu, agen J mengejar agen K muda yang tidak tahu apa-apa mengenai kedatangannya dan mencoba bersama-sama menyelamatkan bumi sesuai sejarah yang dicatatkan. Jadi, disini Boris The Animal menjadi 2 orang. Boris dari masa depan dengan satu tangan putus dan Boris masa lalu dengan tangan lengkap. Agak bingung juga sih menceritakannya. Lanjut deh, petualangan kemudian dimulai dan Boris berusaha meminimalisasi kesalahan yang pernah ia lakukan dulu. Sayangnya, karena agen J ikut berada di masa lalu jadi ia ikut andil dalam menyelamatkan nyawa agen K, partner kesayangannya. Jadi pada akhirnya sejarah tak berubah!

Ada satu scene pada bagian terakhir film yang cukup membuat kita merasa trenyuh walaupun adegan itu hanya sebentar. Scene merupakan alasan kenapa agen J direkrut oleh agen K. Akting Will Smith pada scene mampu menebarkan aura kehilangan yang mendalam *mewek* Scene apa? Jadi lebih baik tonton sendiri ya!

Overall, film ini dapat nilai 85 dari gue. Kenapa?
  1. Akting artis yang terlibat engga diragukan lagi kualitasnya
  2. Ada berbagai macam emosi yang benar-benar kita dapat dan kita hanyut saat menontonnya
  3. Grafisnya TOP BGT!
  4. Cerita dan alurnya tidak biasa dan membuat penonton sedikit bingung menjadi kekuatan utamanya
  5. At least, kalian harus nonton film yang dananya bekisar 160 Juta Dolar ini!

Comments

Post a Comment

Thank you for visiting my blog, kindly leave your comment below :)