Semangat Hari Kebangkitan Nasional

Tanggal 20 Mei, seperti biasa diperingat sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Karena pada tanggal 20 Mei 1908 lahirlah organisasi perjuangan Budi Utomo yang didirikan oleh Dr. Sutomo. Pada saat itu, lahirnya Budi Utomo adalah titik balik perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Semangat juang tinggi untuk memperoleh kebebasan dan kedaulatan negara kita tercinta. Namun, seiring waktu bergulir rasa nasionalisme bangsa kita dewasa ini semakin luntur dan perlahan menghilang.


Sekarang kita sudah menginjak tahun 2012, 104 tahun kebangkitan kita. 104 tahun belakangan kita memperjuangkan kebebasan kehidupan berbangsa kita. Namun dalam dekade terakhir ini, kebangkitan nasional itu kurang terdengar gaungnya. Kebangkitan nasional hanyalah sebuah peringatan tanpa bukti. Tak ada lagi kebangkitan dari dalam diri masing-masing warga negara untuk merebut kemerdekaan kita di mata Internasional. Kurangnya rasa kita untuk peduli terhadap kemajuan bangsa di mata dunia.

Sekarang, pada peringatan ke-104 mari kita buktikan bahwa kita mampu. Mampu menjadi negara yang diperhitungkan. Tak kurang generasi cerdas di negara kita. Tak kurang prestasi Olimpiade Sains Internasional yang kita raih. Kita adalah bangsa ilmuwan namun tidak dipedulikan. Kita mampu membuat perubahan namun tidak dihiraukan.

Banyak hal yang bisa membuat kita bangkit. Salah satunya dengan memperbaiki kepribadian berbangsa kita, menjunjung tinggi norma keTuhanan dalam setiap sendi kehidupan, menjadi manusia intelektual dan memiliki budi pekerti luhur. Bukankah itu esensi kebangkitan bagi bangsa kita?

Membawa perubahan yang berarti bagi kemajuan negara dan kesejahteraan rakyatnya. Membentuk masyarakat madani dan hidup menjaga kedamaian? Hidup aman dan tenteram. Indonesia memiliki perangai gemah ripah loh jinawi, Indonesia adalah negara kaya budaya yang ramah. Untuk itu, mari kita isi kebangkitan nasional negara kita dengan semangat kemerdekaan yang tiada henti-hentinya. Tekad untuk membuat mata dunia terbuka bahwa negara kita bukan negara teroris, negara koruptor, atau negara dengan angka pengangguran tinggi.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional!

Postingan ini diikutkan dalam lomba blog Lintas.Me

Comments

Post a Comment

Thank you for visiting my blog, kindly leave your comment below :)