Review Film : Resident Evil 5 - Retribution

Resident Evil : Retribution
Hell-O Resident Evil lovers! Baik para penggemar game Resident Evil sekaligus penikmat filmnya pasti akan penasaran dan menantikan film yang rilis 12 September 2012 ini, tentunya setelah tergiur dengan trailer yang muncul duluan juga. Soh, ane ingin berbagi pendapat seperti biasanya tentang film ini, berhubung ane barusan selesai nonton. Mau tahu layak tonton atau tidaknya film ini yuk mari dicek disini.

Ane menduga-duga bagian awal sekuel kelima adaptasi the undead game ini berawal dari bagian akhir seri sebelumnya, Afterlife, tapi karena belum nonton yang keempat jadi ini sebatas spekulasi dan dugaan. Soh, kalau menurut ane yang engga ngikutin semua seri Resident Evil bagian awal film terasa kabur dan sulit diterima kronologinya. Ane bingung karena sutradara dan penulis skenario melempar-lempar spekulasi ane mengenai keruntutan adegan demi adegan yang ditunjukkan. 

Awalnya semacam flashback gravitation dari adegan pertempuran Alice dengan Umbrella Corporation kemudian ada semacam introducing dari Alice yang ujungnya memang pertempuran itu yang terjadi. Loncat ke scene berikutnya, tiba-tiba pertempuran itu hanyalah sebuah mimpi dari kehidupan keluarga bahagia Alice dan Oliviera seperti di trailer, suddenly ada zombie muncul yang sumpah suwer terkewer-kewer tuh zombienya bikin ane pengen lompat saking kagetnya. Dalam bagian kehidupan ibu rumah tangga Alice, kemampuan Alice bertahan dari zombie kelihatannya menghilang dan sosoknya hanya menjadi sosok ibu rumah tangga biasa yang lemah.
Simulasi dalam Gedung Uji Coba Umbrella
Loncat lagi, scenenya tiba-tiba menyorot Alice sebagai tahanan Umbrella. Nah tuh, agak ribet kan? Seperti itulah yang ane rasain di paruh awal nonton film ini. Eh usut punya usut, bagian awal tadi benar-benar related dengan adegan sesudah Alice menjadi tawanan Umbrella ini. Rupanya, Wesker (ex musuh Alice) malah membantu Alice lolos dari tahanan dengan tujuan membawa Alice kembali untuk bekerja sama dengannya. Soh, jadilah Alice bertemu dengan baru bernama Ada Wong dan 5 orang pria dari regu penyelamat yang telah disiapkan Wesker untuk membantu Alice keluar dari fasilitas uji coba Umbrella di Uni Soviet (Russia).

Seperti seri-seri sebelumnya, dimana ada pertemuan tokoh baru selalu ada tokoh yang jadi korban. Retribution juga sama halnya, dari 5 orang pria tadi hanya satu yang bertahan hidup yakni Leon, sedangkan Ada tetap hidup dan menjadi partner baru Alice, satu kejutan lagi, Jill Valentine yang semula berperan sebagai karakter antagonis karena program Red Queen kembali menjadi Jill sediakala yang membantu Alice kemanapun.

Soh, menurut ane dari awal film sampe film ini habis ane engga lepas dari layar bioskop yang artinya film ini kagak bikin bosen dan bikin sedikit mikir How can it be happened? What the fuck is the beginning? How will it be ended? Dan as usual, Resident Evil Retribution ditutup dengan final yang menggantung, berarti masih ada kemungkinan akan ada lanjutan dari Retribution ini. Grafis yang ditampilkan okeh banget dan menurut ane eksekusi cerita final ini cukup bagus sehingga kita akan mendapat geregetnya. Oh ya, Sayangnya peran the undead yang seharusnya menjadi tokoh utama menjadi sedikit terpinggirkan karena Well ceritanya lebih mengerucut ke Alice dan Umbrella Corp. Kalau menurut ane pribadi sih, adegan action yang oke dan alur yang naik-turun bikin jantung berdegup kencang bikin Retribution lebih epik daripada Apocalypse. So far, I thought Apocalypse is the best RE sequel, now it's changed into Retribution. Satu lagi, honestly menurut ane disini karakter dan ceritanya lebih mirip sebuah game daripada film science-fiction biasa. Dan kabar gembiranya lagi, Retribution lebih worth it dilihat daripada Afterlife. Soh, kita tunggu saja sekuel lanjutan Resident Evil apakah lebih epik dari yang kelima ini atau malah worst just like Afterlife? We only can hope.

Score : 8.2/10
I recommend you to watch this!

Comments

  1. Diawal katanya "tapi karena belum nonton yang keempat jadi ini sebatas spekulasi dan dugaan".
    Terus dibagian akhir "So far, I thought Apocalypse is the best RE sequel, now it's changed into Retribution" dan "Dan kabar gembiranya lagi, Retribution lebih worth it dilihat daripada Afterlife".
    Ini artikel nyolong atau gimana? Gimana bisa bilang Apocalypse yang terbaik atau Retribution lebih bagus dari Afterlife kalo belum nonton?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ane maksud spekulasi itu adegan awal pas Alice ada di kapal gan.
      Enak aja bilang artikel ane nyolong, murni bikinan sendiri nih.
      Ane meskipun engga pernah nonton yang afterlife tapi udah baca beberapa review dan sinopsisnya jadi yah bisa dibilang karena reviewnya jelek jadi menurut ane tetep paling bagus ya ini

      Delete

Post a Comment

Thank you for visiting my blog, kindly leave your comment below :)