Review Film : Prometheus

Siapakah pencipta kita?

Buat apa kita hidup?
Pertanyaan-pertanyaan sesederhana itulah yang selalu muncul di benak kita. Terutama bagi orang-orang berpaham sekuler dan liberal. Kita sebagai manusia memang selalu ingin tahu siapa sih pencipta kita? Bagaimanakah Tuhan kita? Dan tema inilah yang diangkat dalam film ini, Pencarian seorang pencipta. Dan menurut ane, sejujurnya film ini engga ada hubungannya dengan siapa pencipta sebenarnya tetapi lebih ke makhluk rekaan dalam planet yang direka-reka juga. Dan jujur aja ini film yang menurut ane absurd meskipun ane cukup mencoba untuk memahami film ini. Aneh!
Ane rasa sutradara film ini pengen buat prekuel dari film Alien, tapi menurut ane juga bisa dibilang gagal. Dalam pikiran si sutradara kayak gini, "Gue mau bikin film isinya lendir, alien, pembunuh, hal-hal yang menjijikkan dan gue bakal bikin manusianya kepotong-potong, mati sadis, dan sebagainya." Absurd! Pokok filmnya engga kesampean dan beberapa hal malah aneh banget kejadiannya. Kok bisa ada infeksi tanpa sebab? Terus kok bisa tuh makhluk Alien dalam film Alien tiba-tiba semacam lahir gitu? Terbuat dari apa? Tujuan mereka ke planet itu apa? Mereka engga nemuin clue atau tanda-tanda yang meyakinkan buat menjawab pertanyaan awal mereka. Sebenernya, tujuan mereka sia-sia dan engga nemuin apa-apa.

Bercerita tentang seorang arkeolog, Dr. Elizabeth Shaw dan pacarnya Dr. Holloway yang menemukan lukisan dalam gua di Skotlandia tentang penyembahan manusia terhadap sebuah rasi bintang yang jauhnya bermilyar tahun cahaya dari Bumi ke sana. Akhirnya, ada sebuah perusahaan yang mau mendanai misi mereka buat  kesana dan akhirnya nyampe. Setelah nyampe mereka menemukan semacam 'Pabrik Pembuatan Manusia'. Di dalam kubah itu mereka nemuin bangkai manusia luar angkasa yang mereka kira adalah pencipta mereka. Setelah diotopsi ternyata engga menghasilkan apa-apa. Tiba-tiba Dr. Shaw dan Dr. Holloway ML terus tiba-tiba Dr. Holloway terinfeksi terus tiba-tiba si Dr. Shaw mengandung janin alien. Akhirnya Alien itu tumbuh dengan cepat. Dan menuju ending, ketika Dr. Shaw berusaha menggagalkan rencana si manusia luar angkasa buat ngehancurin bumi, dia dikejar-kejar tapi akhirnya ditolong oleh alien yang pernah dia kandung tadi. Terus akhirnya, taraaaa~ spesies alien baru muncul.


Terus terang saking absurdnya ane juga bingung mau nyeritain model gimana. Aneh banget soalnya filmnya. Soh, kalau menurut ane mending jangan nonton film absurd ini kecuali beneran penasaran. Karena pertanyaan di awal tadi emang engga terjawab dan maksud filmnya gagal menuju kesitu. Adanya malah kita cuma ditipu dengan rekaan tetek bengek fiksi ilmiah.

Score 6/10
REALLY HIGHLY NOT RECOMMENDED TO BE WATCHED!

Comments

  1. wah kalo buat saya sih film ini bagus lo, bikin penasaran. Film ini harusnya jadi prekuelnya film Alien (1982), tapi malah jadi indirect prekuel. Masih banyak yang belum saya paham dari film ini, tapi melihat gaya penyutradaraan Ridley Scott gak berubah, saya suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. film ini aneh banget, absurd banget sampe ane sendiri bingung ini akhirnya apa yang mereka cari engga ketemu
      bisa dikatain engga berinti filmnya
      Aneh ><

      Delete

Post a Comment

Thank you for visiting my blog, kindly leave your comment below :)