10 Film Terbaik 2012

Tahun 2012 sudah hampir usai, deretan film telah mewarnai bioskop sepanjang tahun ini. Dari seluruh film yang tayang di bioskop susah sekali mencari nominasi 10 besar film terbaik sepanjang tahun 2012 ini. Kalau menurut ane daftar film terbaik 2012 ada di bawah ini. Kalau menurut agan-agan ane kurang tahu lagi, yah barangkali ada yang berpendapat sama dengan ane. Soh, yuk dicek dimari listnya.

  1. The Dark Knight Rises
  2. Film superhero arahan Christopher Nolan ini berhasil memikat hati ane sehingga ane menempatkan film ini di peringkat pertama. Kecanggihan grafis, keanggunan akting masing-masing pemain dan plot yang disajikan membuat ane berdecak kagum dan merasa menyesal pernah melewatkan nonton film ini di bioskop. Memang The Dark Knight Rises adalah seri pamungkas Batman Trilogi dan mampu dihadirkan secara epik oleh Om Nolan. Dan menurut ane, film ini memang layak menyandang peringkat pertama dari 10 film terbaik tahun 2012 ini.
  3. The Avengers
  4. Film ini masih bertemakan superhero. Film ini merupakan mahakarya Marvel di tahun 2012 ini. Bagaimana tidak? Kecanggihan grafis Hollywood dipamerkan dalam film ini dan memang film ini sangat menghibur. Meskipun ceritanya hampir terlihat menjiplak Transformers, buktinya film ini meraih box office di awal peluncurannya. Oleh karena itu, sekuel selanjutnya kemungkinan besar masih akan dinantikan oleh para penggemar superhero rekaan studio Marvel.
  5. The Hobbit
  6. Kali ini yang bertengger di urutan ketiga ada prekuel Lord of The Rings, yakni The Hobbit. Secara keseluruhan baik tata suara, pengambilan gambar, sinematografi, casting dan plot tidak ada yang perlu dicacat karena pada dasarnya The Hobbit sudah mengusung nama besar LOTR sehingga ekspektasi terhadap film ini juga besar. Namun, bagi ane pribadi kurangnya taste "The Ring" membuat ane agak bosan menonton film berdurasi 169 menit ini. Meski dari segi plot memang ceritanya engga santai, memacu jantung terus. Well, tetap saja menurut ane Peter Jackson terlalu tega memaksa penonton duduk di kursi bioskop terlalu lama.
  7. Skyfall
  8. Di tempat keempat muncul franchise James Bond. Mengapa saya menempatkan Skyfall di peringkat atas? Karena film ini mengusung cerita James Bond yang tidak biasa dan lebih manusiawi. Dari segi action memang sudah bagus, namun bagi sebagian orang action yang disuguhkan dan ending yang dramatis bukanlah ciri khas James Bond sehingga mereka menilai Bond tahun ini adalah Bond yang lembek. Tapi, bagi ane justru di situlah bagusnya. James Bond lebih manusiawi dan terlihat sekali dilemanya, selain itu tanpa adanya kecanggihan ala Bond di film ini juga memberikan warna tersendiri bahwa tak selamanya kecanggihan itu akan abadi.
  9. MIB 3
  10. Masih didominasi oleh film Western, peringkat ke-5 diisi oleh Will Smith dan Alien. MIB 3 menyajikan porsi yang pas untuk membuat penonton merasa betah memandangi layar, baik dari segi grafis, akting dan plot cerita yang T O P! Meski bagi beberapa kritikus MIB 3 tidak sebagus MIB sebelumnya, buktinya MIB 3 banyak yang meminati. Dan ane seneng banget nonton film ini, film ini engga ngebosenin.
  11. The Hunger Games
  12. Beranjak ke urutan ke-6, masih ada lagi franchise film Western yang sekuelnya tahun depan dinanti-nanti, The Hunger Games. Film ini cocok untuk remaja tetapi juga tidak terlalu cocok untuk remaja yang masih baru "remaja" karena meskipun film ini kelihatannya Romance, film ini mengandung aneka adegan berdarah yang lumayan berbahaya untuk disaksikan anak di bawah umur. The Hunger Games, film adaptasi novel karya Suzanne Collins, yang digadang-gadang menjadi film remaja sukses berikutnya setelah Harry Potter dan Twilight ini memang berhasil membius penonton. Tak salah kalau The Hunger Games, petualangan Katniss Everdeen dan Peeta Mellark dinanti di seri kedua tahun depan, Catching Fire.
  13. Habibie dan Ainun
  14. Nah, disini kita menemui film produksi dalam negeri. Film yang diangkat dari semacam autobiografi mantan Presiden Indonesia yang ke-3, BJ Habibie ini sukses menjadi film yang menguras air mata penonton. Tak hanya menang di romance, film besutan Faozan Rizal ini juga sukses menyampaikan amanah dari sepotong perjalanan hidup seorang mantan Presiden terjenius yang pernah dimiliki Indonesia ini. Kalau saja, Indonesia bisa membuat film berkualitas seperti ini, bisa saja industri perfilman Indonesia bangkit dan mengalahkan deretan judul film Internasional.
  15. Mamacake
  16. Peringkat 8 juga dihuni oleh film dalam negeri, Mamacake. Memasang pemeran utama Ananda Omesh, film ini mengusung amanah yang sangat banyak dan menyentuh tanpa bahasa yang menggurui. Film ini menyindir kita secara halus, memperingatkan kita secara halus sehingga kita bisa sadar dan merasa kenyang setelah menontonnya. Dengan kemasan apik dan akting para pemain yang bagus tak salah dong kalau film ini ane jadikan film terbaik di tahun 2012 ini. Bahkan ane merasa film ini lebih bagus daripada 5cm.
  17. 5cm
  18. Barulah di urutan ke-9 ane menetapkan 5cm sebagai film terbaik tahun 2012. 5cm yang memasang beberapa bintang besar macam Herjunot Ali, Fedi Nuril, dan Pevita Pearce serta beberapa rookie lainnya Raline Shah, Denny Sumargo, dan Igor Saykoji berhasil menyedot perhatian khalayak Indonesia. Dan sayangnya, ane menilai itu agak lebay sih. Memang dari segi kemasan film ini mentereng dan bikin ane takjub berikut akting pemain yang bikin ane ikut terhanyut dalam filmnya, sayangnya meski hampir terlihat bagus. Penyampaian amanat yang sedikit maksa dan cerita yang lumayan standar (bonus twist tak terduga di bagian akhir film) membuat ane tidak menaruh 5cm di atas Habibie dan Ainun maupun Mamacake.
  19. Brave
  20. Yang terakhir berasal dari Genre animasi. Dari sekian banyak judul film animasi yang muncul tahun 2012 ini, menurut ane Brave lah pemenangnya. Pixar memang selalu pintar memasang cerita yang menghanyutkan. Memang beberapa kritikus film menganggap film ini tidak se"berkualitas" film buatan Pixar lainnya tapi bagi ane Brave tetaplah animasi berkualitas yang muncul di pertengahan tahun 2012 ini.

Comments

  1. Replies
    1. The Raid emang bagus dan super buat kelas Indonesia. Tapi The Raid kurang ngena bagi Saya, Saya engga begitu sreg sama alur ceritanya dan beberapa efek yang modelnya kayak dilebihkan :D

      Delete

Post a Comment

Thank you for visiting my blog, kindly leave your comment below :)