Tuesday, January 29, 2013

Galang Kesadaran Berorganisasi Mahasiswa

Sabtu, 26 Januari 2013 lalu diadakan sebuah kegiatan wawancara seleksi penerimaan pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Kegiatan yang diprakarsai oleh anggota pengurus Hima-Aksi ini, begitu mereka menyebutnya, diadakan di gedung E5 Fakultas Ekonomi UM. Kegiatan yang diadakan dari jam Sembilan pagi hingga menjelang sore ini diikuti oleh 121 mahasiswa jurusan Akuntansi UM dari 144 mahasiswa yang sebelumnya telah mengembalikan formulir pendaftaran anggota himpunan.

            Dari ketiga himpunan mahasiswa jurusan di daerah Fakultas Ekonomi UM, peserta terbanyak tercatat datang dari jurusan Akuntansi. Euforia mahasiswa dalam menyambut gelaran open recruitment organisasi ini menunjukkan bahwa mahasiswa Akuntansi menaruh minat yang lebih terhadap kegiatan berorganisasi. Hal ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan Akuntansi rata-rata memiliki kecerdasan interpersonal yang lebih. Kesadaran organisasi bagi mahasiswa ini dinilai cukup penting mengingat perusahaan di masa mendatang membutuhkan karyawan yang memiliki kelebihan selain bidang akademis.
            Dalam pelaksanannya, wawancara dilakukan di empat ruangan terpisah yang masing-masing berisi empat orang panitia pewawancara. Setiap ruangan diisi oleh satu orang peserta untuk ditanyai oleh empat orang pewawancara yang berasal dari dalam tubuh himpunan mahasiswa jurusan itu sendiri. Keempat pewawancara ini menanyakan visi, misi, hobi, dan keahlian peserta. Dalam sesi wawancara juga ditemui peserta yang unjuk kebolehan, seperti menari, hal ini dapat menjadi nilai plus bagi peserta yang menjadi kandidat penerus himpunan. Wawancara yang bisa disebut dengan pendekatan personal ini bertujuan untuk menilai kesungguhan peserta jika nantinya sudah didapuk menjadi pengurus himpunan. Pengurus lama menginginkan generasi selanjutnya lebih aktif dan sungguh-sungguh dalam menjalankan kegiatan organisasi di tingkat paling dasar kampus ini.           
Dengan berorganisasi pula, mahasiswa diharapkan lebih bisa mengembangkan kepribadian dan membangun jejaring sosial dunia nyata. Mengembangkan kepribadian disini yang dimaksud adalah mengembangkan kelebihan kecerdasan intra dan interpersonal. Sedangkan membangung jejaring sosial dunia nyata adalah mendapatkan relasi sebanyak-banyaknya dalam organisasi yang mereka jalankan. Manfaat kedua hal ini selain menambah nilai plus dalam persaingan dunia kerja juga membantu mereka untuk benar-benar berinteraksi dengan manusia lainnya dalam hubungan yang nyata. Bisa kita ketahui bahwa sebenarnya manusia jaman sekarang lebih suka berinteraksi dengan dunia maya dan melupakan kehidupan riil yang mereka jalani.
Dengan adanya organisasi intra kampus ini, diharapkan mahasiswa bisa bersaing di dunia kerja dan memiliki segudang pengalaman yang dapat diterapkan setelah lulus kuliah nanti. Tak hanya itu, organisasi intra kampus ini juga berperan sebagai wadah aspirasi mahasiswa dan lembaga pelatihan (miniatur) lembaga kepemerintahan negara. Sehingga, bila nantinya ada mahasiswa yang ingin melanjutkan untuk menjadi pegawai pemerintah, bidang lesgislatif dan eksekutif khususnya mereka bisa menjadi kader muda yang mumpuni dan tidak hanya ongkang-ongkang kaki. Organisasi intra kampus ini berjasa dalam mencetak pemimpin gemilang masa depan yang bisa membawa perubahan bagi bangsa dan membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan aktif dalam kegiatan positif organisasi.

No comments:

Post a Comment