Review Film : Cloud Atlas [2012]

Postingan kedua di tahun 2013 ini ane mau share tentang film yang barusan ane tonton. Sebelumnya ada seseorang yang rekomen film ini ke ane dan kedengarannya sih bagus. Dia juga bilang kalau film ini adalah film yang menuntut intelegensi tinggi alias film yang rada mikir. Nah, karena itulah ane bela-belain titip temen ane buat download film ini. Begitu melihat filmnya, yang terjadi adalah.... Mari simak review ane.


Bertaburan bintang papan atas Hollywood seperti Tom Hanks, Halle Berry dan Ben Wishaw membuat film ini memiliki magnet tersendiri untuk menarik minat penonton. Ide cerita yang dihadirkan juga bisa dibilang anti mainstream namun membingungkan. Dikisahkan ada enam setting tempat dan waktu yang menggambarkan seolah film ini adalah gabungan dari enam setting tadi. Memang masing-masing cerita berbeda tapi jika diteliti lagi maka akan muncul benang merah dari setiap cerita. Benang merah, persamaan tokoh, dan kemiripan cerita masing-masing inilah yang menjadi misteri bagi penonton. Apakah keenam cerita itu dikendalikan dari masa depan atau spekulasi lain mengenai reinkarnasi tokoh?

Adanya berbagai tokoh dan hampir semua adalah tokoh sentral juga turut serta membuat penonton bertanya-tanya darimanakah kisah berasal dan kemanakah kisah berakhir. Well, kisah memang diakhiri dengan tepat dan tidak membuat penonton pusing, tetapi kalau kita bertanya manakah awalnya? Apa yang menyebabkan semua kejadian dalam film terjadi itu perkara lain. Dari awal film hingga akhir film kita dituntut teliti dan paham mana tokoh dari masing-masing waktu. Dan sejujurnya menurut ane benang merah yang menyambungkan kisah film ini tidak kasat mata dan masih menyimpan tanda tanya.

Menurut ane, dengan sinematografi yang bagus, tata suara yang pas dan ciamik serta casting yang tepat tidak cukup untuk menggambarkan inti film ini. Overall, film ini memang bagus minus dengan pembawaan cerita yang tak berinti. Dan sejujurnya ane kurang nyaman ketika menonton beberapa adegan seks tanpa sensor seolah film ini mengisahkan seks dan darah muncrat dimana-mana, agak non sense memang. Yah, kalau untuk ane pribadi sih ane masih belum ngena sama inti film ini.

Score 7.2/10
whatever you want to watch or not.

Comments