Review Film : Memento [2000]

Om Nolan memang sutradara yang jenius. Baru tahu dari trilogi Batman dan Inception sekarang Om Nolan membuat ane berdecak kagum dengan karyanya berjudul MEMENTO yang hadir di belantika perfilman Hollywood hampir tiga belas tahun lalu. Kenapa bisa jenius? Karena Om Nolan mengangkat tema neo-noir psychological film dan menggunakan alur melompat-lompat yang otomatis bikin penonton semakin pusing. Hebatnya, meski film ini menuntut daya pikir yang tinggi, film ini justru menarik diikuti bukan membosankan seperti film-film yang bahkan alur ceritanya saja lebih ringan daripada film Om Nolan.


Jadi, dengan memasang Leonard Shelby (Guy Pearce) sebagai tokoh utama yang mengidap memori jangka pendek. Om Nolan mengisahkan film ini dengan alur flashback, berhati-hatilah wahai movieholic jangan sampai lupa dan tertipu kronologi film ini karena gambar yang dihadirkan colorful adalah scene beralur mundur sedangkan gambar dengan efek B/W adalah gambaran alur maju yang kemudian dipertemukan di akhir film.

Untuk membantunya mengingat, Leonard selalu mengambil foto dan menorehkan tattoo setiap clue dan kejadian yang berhubungan dengan seseorang yang Ia cari. Memento sendiri berarti catatan atau pengingat, hal ini sangat berguna bagi orang yang menderita kelainan otak seperti alzheimer atau kondisi yang dialami oleh si tokoh utama ini, short term memory.

Leonard akan menarasikan kisah hidupnya dan penyebab dia mengidap kondisi short term memory sendiri. Pada intinya film ini mengisahkan pembalasan dendam seorang Leonard Shelby yang mengalami trauma pasca bencana yang menimpa istrinya (Jorja Fox). Sayangnya setelah bencana itu Ia bertemu dengan beberapa orang seperti Natalie (Carrie-Anne Moss) dan Teddy (Joe Pantoliano) yang membuatnya malah terlihat seperti orang yang dimanfaatkan. Di sinilah bagian menariknya, kita sendiri bahkan akan dibuat bingung siapa sebenarnya yang memanfaatkan Leonard dan siapa sebenarnya yang bertanggung jawab atas bencana yang menimpa istrinya. Bahkan hingga akhir film pun, meski disuguhi beberapa fakta kita masih akan bertanya-tanya siapa pelaku sebenarnya.

Film ini, sungguh luar biasa gila! Sekian.

Plot★ ★ ★ ★ ½
Akting★ ★ ★ ★ ☆
Musik★ ★ ★ ★ ☆
Grafis★ ★ ★ ★ ☆
Overall★ ★ ★ ★ ½ 

Comments

  1. nah, keren banget, ga nyangka kalo memento punya alur serumit itu ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gila cup, otakku tak mampu menemukan pelaku yang dicari-cari Lenny sebenarnya

      Delete

Post a Comment

Thank you for visiting my blog, kindly leave your comment below :)