Flash Fiction

Apa sih flash fiction itu? Menurut wikipedia, flash fiction adalah cerpen yang sangat pendek. Berisi 300-1000 kata di dalamnya atau 1-2 halaman A4 spasi single. Flash fiction bisa disebut juga cerita mini. Nah, beruntungnya ane tahu flash fiction ini dari seorang penulis yang juga seorang jurnalis yang sudah menerbitkan antologi Nyanyian Cinta, Abbas Aditya. Waktu itu, dia tiba-tiba punya ide buat bikin antologi flash fiction yang kayaknya nih masih terdengar baru di dunia kepenulisan Indonesia. Karena ane gemar nulis dan tertarik makanya ane langsung mau joinan. Di sana ane berkolaborasi dengan penulis-penulis hebat yang sudah terbukti kualitasnya di antologi Nyanyian Cinta. Well, judulnya sih rencananya Flash Love. Dan semoga Allah meridhoi :D

Di sini ane mau ngasih beberapa spoiler flash fiction yang sudah ane tulis, jumlahnya ada lima. Ada yang berupa metafora ada juga yang berupa curhat. Jadi, monggo dibaca.

Fiction (Belum nemu judul yang pas)
Saudara tidak akan pernah merasa murka seperti yang saya rasakan. Belum, hingga saudara sendiri menuliskan kisah-kisah dari karakter fiksi yang saudara ciptakan memiliki akhir yang tragis. Belum, hingga karakter yang saudara ciptakan mulai memberontak dan mempertanyakan apa yang ada di dalam kepala saudara. Belum, hingga saudara mulai dianggap tiada dan dianggap fiksi oleh karakter yang saudara ciptakan sendiri.

Jauh
Hanya dunia maya yang bisa menyatukan kita berdua. Membaca guratan kebahagiaanmu di akun 140 karaktermu saja aku sudah lega. Membaca setiap pesan yang kau kirimkan lewat messenger untukku aku sudah percaya bahwa kamu benar-benar baik-baik saja dan setia menungguku pulang.
            Kita dipisahkan laut dan hutan tetapi hati kita tidak, bukan? Hati kita terpaut tak berjarak, mereka terikat oleh pita berwarna merah jambu yang kita sebut itu cinta.

Tiga Bulan
“Hanya tiga bulan, tiga bulan untuk menumpuk lembaran dollar demi anak kita kelak” ujar Priono sekali lagi. Kinasih menjawab dengan isakan tangis yang tak terbendung dan  genggaman tangan yang begitu erat.
            “Hanya tiga bulan pada bulan ketiga aku akan pulang untuk menemani persalinanmu” hibur Priono tak tega. Lagi-lagi Pri mengecup dahi Kinasih yang masih saja terisak, Pri tak tega.

Kirana
Kirana, gadis yang seayu namanya. Matanya bulat, besar dan bersinar. Pipinya kemerahan dan rambutnya hitam legam serta lebat. Komposisi wajahnya begitu pas dan sempurna maka dari itu aku jatuh hati padanya, kuharap kau tak cemburu mendengar hal ini Sayang.

Bukan berarti aku belum bisa melanjutkan hidupku atau tidak mencintaimu atau membuatmu menjadi seperti Kirana, Reni. Percayalah aku membutuhkan sosok sepertimu untuk berkeluh kesah tentang dia, Kirana.

Flash Love
Cinta, tatkala mata kami bertatapan dan menjadi induktor dari aliran listrik tak terdefinisi yang menyetrum langsung ke otak dan jantung. Cinta, dalam sedetikpun aku bisa merasakan cinta.
***
            Bagiku tak ada cinta yang bertahan lama kecuali yang kau dapat dari Ibu atau Tuhanmu, itu pun kalau kau percaya Tuhan dan mampu merasakan cinta Ibumu di setiap omelannya. Untukku sendiri, aku tak pernah merasakan cinta yang bertahan lebih dari semalam. Aku sudah terbiasa dengan cinta semacam itu.

Comments

Post a Comment

Thank you for visiting my blog, kindly leave your comment below :)