Review Film : 50/50 [2011]

Joseph Gordon-Levitt yang kita kenal di Inception, The Dark Knight Rises, atau Premium Rush didapuk menjadi pemeran utama dalam film besutan Jonathan Levine (Sutradara Warm Bodies). Ditemani pula oleh dua bintang Twilight, yakni Anna Kendrick dan Bryce Dallas-Howard, inilah film 50/50 yang mengisahkan survivor kanker Schwannoma yang kasusnya begitu langka ditemui.

Adam (Joseph Gordon-Levitt) hanyalah seorang pegawai radio biasa yang memiliki gaya hidup sehat bahkan dia tidak mau menyetir mobil sendiri demi alasan kesehatan dan menghindari kematian sia-sia. Dia selalu ditemani oleh sahabat gilanya yang hanya peduli bercinta, Kyle (Seth Rogen).
Tanpa ada angin ribut atau topan melanda, tiba-tiba saja Adam selalu mengeluh punggungnya sakit dan pada akhirnya Ia memeriksakan keadaannya ke dokter. Adam cukup terkejut ketika Ia tiba-tiba divonis menderita kanker yang disebabkan oleh tumor Schwannoma. Dari situlah, Adam bertemu dengan psikiater Katie (Anna Kendrick) dan mengalami masa yang sulit dalam hubungannya dengan pelukis wanita, Rachel (Bryce Dallas-Howard).


JGL begitu luwes dalam memerankan sosok penderita kanker langka ini. Dia mampu membawakan peran survivor kanker yang mengalami depresi dan masa-masa yang sulit. Sayangnya, kehadiran Seth Rogen sebagai sahabat Adam kurang begitu membangun suasana suportif bagi seorang penderita kanker seperti Adam. Dengan genre drama, bisa dipastikan bahwa film ini hanya berisi dialog yang panjang-panjang. Kelebihannya, meski isinya hanya dialog berkat kepiawaian akting JGL film ini tidak terlalu untuk membosankan untuk diikuti selama 1 jam 4 menit. Anna Kendrick juga terlihat tidak memiliki performa yang terlalu bagus dalam bagiannya di film ini, seakan membuat film ini makin kurang seru. Well, meski akting pemain didominasi hanya oleh seorang, dua orang, dengan plot dan amanah yang disampaikan sangat baik film ini sangat layak untuk ditonton. Karena apa? Penderita kanker memang seharusnya didukung bukan dikhianati atau dijauhi.

Plot★ ★ ★ ½ ☆
Akting★ ★ ★ ☆ ☆
Musik★ ★ ★ ☆ ☆
Grafis★ ★ ½ ☆ ☆
Overall★ ★ ★ ☆ ☆   

Comments