Review Film : The Croods [2013]

Studio DreamWorks kembali menelurkan animasi musim panas. Kali ini basis cerita mereka berasal dari jaman batu, eits tapi bukan Ice Age. The Croods! Yah, the Croods adalah keluarga manusia gua yang menjadi tokoh sentral dalam animasi besutan sutradara Kirk DeMico dan Chris Sanders ini. Nah, seperti apa serunya kehidupan manusia gua ini? Mari kita simak lanjutan reviewnya.


Eep (Emma Stone) adalah anak perempuan tertua dalam keluarga The Croods yang dikepalai oleh Grug (Nicolas Cage). Keluarga Croods dilarang mengambil risiko apapun, setiap bahaya mulai terendus oleh Ayah Eep, Grug, maka semua keluarga termasuk Ugga (Ibu Eep), Sandy, Thunk dan Grandma harus masuk ke gua. Karena rutinitas berada di gua inilah Eep menjadi bosan dan ingin mencari petualangan. Suatu kala, didasari rasa keingintahuan Eep yang tinggi, Eep pergi keluar di malam hari dan bertemu dengan manusia gua cerdas bernama Guy (Ryan Reynolds). Rupanya pertemuan dengan Guy membuat Eep sadar bahwa dunia tidak sesempit gua yang keluarganya tinggali dan dunia akan mendekati akhir. Jadi, mampukah keluarga Eep menemukan peradaban dan rumah baru untuk selamat dari akhir dunia?

Basis cerita terkesan standar dan mudah ditebak. Grafis animasi yang disuguhkan juga bisa dibilang kurang mewah. Meski begitu, tema kekeluargaan dan kekolotan yang diangkat cukup menarik untuk disimak. Belum lagi sisipan komedi serta sejarah peradaban kemajuan manusia yang dikemas secara legit dan tidak berlebihan. Chemistry antara Emma Stone sebagai anak dari Nicolas Cage juga tersampaikan dengan baik. Akan tetapi untuk manajemen emosi, film ini masih kurang dapat mengolah emosi penonton dengan baik. Mungkin adegan yang kurang dramatisasi atau musik yang kurang mendukung menjadi faktornya. Overall, film ini cocok untuk ditonton sekeluarga.

Plot★ ★ ★ ☆ ☆
Akting★ ★ ★ ☆ ☆
Musik★ ★ ★ ☆ ☆
Grafis★ ★ ★ ☆ ☆
Overall★ ★ ★ ☆ ☆  

Comments