Selamat Tahun Baru!

Tak terasa tahun 2013 sudah mendekati akhir dan kita akan dipertemukan segera dengan tahun 2014, padahal rasanya masih baru kemarin kita semua masuk dalam lembaran tahun 2013. Di penghujung tahun ini ada baiknya untuk kembali merefleksi apa-apa yang telah kita lakukan, resolusi apa saja yang sudah kita capai, perubahan apa yang terjadi pada diri kita. Nah, untuk itulah posting ini dibuat. Posting ini tidak dibuat untuk menggurui tetapi posting ini terbuat karena keinginan berbagi dari diri sendiri sekaligus sebagai media pengingat apa saja yang telah terlewat.


Apa yang terjadi di tahun 2013?
  1. Januari : Saya bertemu dengan manusia baru yang membuat saya sangat bergembira dan berbahagia menjalani sepanjang tahun 2014. Awal tahun yang manis.
  2. Februari : Tidak ada hal spesial apapun terjadi di bulan Februari, semua berjalan baik-baik saja dan biasa-biasa saja.
  3. Maret : Sama halnya dengan bulan sebelumnya, tidak ada rejeki jatuh tiba-tiba dari langit atau peningkatan prestasi drastis.
  4. April : Pagelaran seni tari tradisional dari UKM saya dan pertemua setelah menunggu tiga bulan dengan manusia yang hingga kini saya puja.
  5. Mei, Juni, Juli : Liburan tiga bulan yang membuat saya kehabisan akal berada di rumah. Keterlibatan dalam proyek menulis bersama delapan orang lainnya dan semoga tahun ini buku yang kami kandung terbit. Bulan Ramadhan beserta hiruk pikuk perayaan kemerdekaan RI. Berproses untuk menampilkan kebanggan UKM di Demo UKM Ospek Universitas.
  6. Agustus : Ulang tahun ke-20 yang berkesan.
  7. September, Oktober : Kembali menunggu dan kembali menunggu
  8. November : Ulang tahunnya yang ke-22.
  9. Desember : Ketika semua awal yang manis tiba-tiba berbalik menjadi penutup yang pahit.
Meski telah memenuhi beberapa resolusi tahun antara lain menyelesaikan proyek novel solo yang ditulis, akan tetapi tidak diterbitkan, setidaknya resolusi tahun lalu tercapai. Hanya saja untuk resolusi menjadi lebih baik seperti meningkatkan intensitas ibadah menjadi berkurang. Untuk perbaikan sifat buruk diri dirasa juga cukup baik. Saya di tahun 2013 tidak lagi sama dengan Saya di tahun 2012. Satu lagi resolusi yang tak berhasil dicapai, manajemen uang yang masih kocar kacir.

Lalu apa saja yang akan jadi resolusi tahun 2014 nanti? Berikut ini daftar kecil yang saya buat untuk menjadi pengingat saya ketika saya lupa akan tujuan saya hidup setahun mendatang.
  1. Menerbitkan setidaknya satu buku, entah antologi atau solo.
  2. Terus berusaha menjadi lebih baik, tidak arogan, pemaaf, penyayang.
  3. Menyibukkan diri dalam kegiatan positif.
  4. Mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.
  5. Meningkatkan intensitas ibadah.
  6. Berusaha keras agar dapat menjadi manajer keuangan pribadi yang handal.

Comments