Review Film : Edge of Tomorrow [2014]

Menonton trailer film yang dibintangi Tom Cruise ini serasa menonton filmnya sendiri yang rilis tahun lalu, Oblivion. Hampir mirip memang, mirip dari segi genre yang sama-sama science-fiction dan pemerannya pun juga sama-sama Tom Cruise. Film berdurasi 113 menit arahan sutradara Doug Liman ini termasuk jajaran summer blockbuster (CMIIW) membuntuti XMEN:DOFP dan Godzilla. Well, bagaimanakah penilaian ane terhadap film yang skenarionya digarap oleh Hiroshi Sakurazaka ini?


Di masa yang akan datang, bumi dihantam asteroid. Sama seperti film science-fiction kebanyakan, asteroid yang jatuh ke Bumi mengandung alien yang berniat membinasakan umat manusia. Untuk itu, manusia melakukan perlawanan dengan tentara yang dibekali peralatan canggih. Masalahnya, alien yang menginvasi Bumi dan menduduki hampir seluruh Benua Eropa itu memiliki kekuatan yang membuatnya tak terkalahkan? Kekuatan apa itu?

Kekuatan ini secara tidak sengaja didapatkan oleh seorang Mayor yang terimbas nasib malang karena ditugaskan menjadi prajurit padahal sendirinya tak pernah turun langsung di medan perang, William Cage (Tom Cruise). Mayor yang tak berpengalaman ini terpaksa harus melawan alien (re: mimic) yang lebih tangguh dan disebut Alpha. Begitulah sebab musabab Bill Cage mendapatkan kekuatannya. Terlepas dari segala kejadian ganjil yang Ia alami, Cage ternyata berubah menjadi karakter kunci dalam memenangkan perang. Untuk itulah Cage dipertemukan dengan Rita Vratavski (Emily Blunt) seorang wanita tangguh yang mampu mengalahkan ratusan alien (re:mimic) dalam satu perang. Duet Cage dan Vratavski inilah yang menjadi strategi utama melawan alien tak diundang tersebut.


Ide cerita Edge of Tomorrow memang menarik, belum lagi film ala Tom Cruise selalu mengandung suspense dan ketegangan tinggi. Sepanjang film kita akan disuguhi adegan-adegan menegangkan minim drama. Skenario juga digarap dengan baik sehingga jalan cerita enak-enak saja diikuti. Pada dasarnya, alur cerita adalah alur maju dengan sedikit modifikasi sehingga menjadikan cerita flashback-maju seperti itu. Chemistry antara Tom Cruise dan Emily Blunt juga tercipta dengan baik. Emily Blunt mampu memerankan wanita tangguh dengan sangat keren!! Tatanan grafis dan ramuan musik pengiring juga mampu membuat film menjadi lebih hidup dan menghibur. Sayang sekali, terlepas dari banyaknya pujian dan nilai positif yang diraih film ini, plot cerita dengan ide menariknya terkesan terlalu sederhana dan mudah ditebak. Tidak terlalu sulit menentukan timeline film, begitu pula dengan menebak apa yang akan terjadi pada akhirnya. Well, setidaknya film ini cukup sayang untuk dilewatkan.

Plot★ ★ ★ ☆ ☆
Akting★ ★ ★ ★ ☆
Musik★ ★ ★ ★ ☆
Grafis★ ★ ★ ★ ☆
Overall★ ★ ★ ½  ☆   

Comments