Mana yang Lebih Baik? YG atau SM

YG atau SM sudah tak asing lagi di telinga para Kpopers. Dua manajemen besar ini bagaikan Barca dengan Madrid atau Milan dengan Inter, rival abadi. Dari dua manajemen artis terbesar di Korea ini lahir artis-artis papan atas dan menggebrak industri musik baik Asia maupun Internasional. Sebut saja 2NE1, Big Bang, Psy, dan Winner dari YG. Ada deretan nama tenar juga yang ditelurkan oleh manajemen bentukan Lee Soo Man, Girls' Generation, Super Junior, SHINee, TVXQ, f(x), Red Velvet dan EXO!! YG dan SM telah bersaing hampir sejak Kpop menginvasi seluruh dunia. Perdebatan tiada akhir pun tak terbendung di antara fandom kedua manajemen ini. Well, Saya sendiri SM biased yang tentu saja nantinya akan condong untuk memilih SM, tapi dalam tulisan ini saya akan menjlentrehkan seobjektif mungkin.


Postingan ini berawal ketika Saya dan teman Saya, Lee, kopi darat di sebuah kafe bernuansa Korea di Malang. Kami berdua adalah Kpopers veteran sekaligus berseberangan ideologi, Lee YG biased dan saya SM biased. Jadi kami berdua tadi bertukar pikiran mengenai manajemen masing-masing. Sebelumnya, Saya juga sempat membaca meme di Allkpop yang menyatakan bahwa YG mementingkan kualitas, hmm kualitas? Kalau menurut saya YG tidak seberkualitas itu, dan teman saya yang YG biased-pun mengamini hal itu.

YG menang konsep desain sementara SM tidak


Well, dilihat dari jajaran MV yang telah dibuat YG. Tidak usah banyak-banyak, ambil saja sampel dari artis andalan mereka seperti 2NE1 atau Big Bang. YG tidak tanggung-tanggung menggelontorkan dana lebih untuk membuat MV yang keren, dramatis dan minus dancing. Kebanyakan MV buatan YG lebih menitik beratkan pada "menceritakan isi lagu" hampir mirip Video Klip artis Barat dan Indonesia. YG juga lebih suka bermain warna dan desain yang "tidak aman". Mereka berani berbeda dan mencolok.


Berbeda dengan SM yang selalu bermain aman, menari dalam kotak. Hal ini begitu banyak disoroti oleh Kpopers, para SM biased sekalipun. Kata Lee, SM terlau banyak bermain nirmana (entahlah itu bahasa anak desain). Saya sendiri juga heran, SM kan artisnya banyak, laris manis, populer, tentu saja pendapatan mereka juga banyak dong ya lantas kenapa MV para artisnya selalu biasa-biasa aja? Gak ada desain yang menarik gitu, kejutan menarik gitu. Dipake bayar artisnya kah? Tapi kok artisnya banyak yang hengkang? #eakeakeak
Yah, terlepas dari kebiasaan SM menari dalam kotak (yang mungkin sudah jadi ciri khas mereka) SM juga sempat membuat video keren seperti MV SHINee View dan Odd, EXO Love Me Right, Red Velvet Ice Cream Cake.
Tambahan lagi, berhubung saya juga lebih suka nonton video dance jadi saya sih oke-oke aja dengan kemonotonan SM.

Kesimpulan : Kualitas MV YG >SM

Olah vokal SM vs YG

Di industri musik, apa komoditas utama? Musik dong. berhubung mereka ini manajemen artis mereka menjual artis dengan skill menyanyi yang tidak boleh diragukan pula. Untuk urusan ini, Saya rasa SM jauh lebih unggul ketimbang YG. Kenapa? Menurut saya, masa trainee di SM begitu panjang dan melelahkan dan tak dapat diragukan lagi, jebolan trainee mereka sukses menyanyi. Ambil saja contoh vokalis utama andalan SM seperti Kyuhyun, Ryeowook, Yesung, Taeyeon, Jessica, Luna, Jonghyun, Onew, D.O, Baekhyun, Chen. Jajaran vokalis utama SM memang memiliki suara jempolan yang hampir saja tak bisa ditandingi artis manajemen manapun, bahkan So Yeon dan G-Dragon juga pernah jadi mantan trainee SM kan?

Sementara di kubu YG yang Saya ketahui selama ini (CMIIW) hanya Taeyang, CL, Park Bom dan Daesung yang memiliki suara jempolan. Saya tidak membahas Winner karena saya emang gak ngikuti. Psy? Apalah Psy itu menang gayanya sama musiknya yang unik saja, terlepas dari hal itu Psy mungkin tidak akan seterkenal Gangnam Style. Meski begitu, saya juga mengapresiasi prestasi artis YG dalam segi vokal. Meski SM lebih unggul dalam hal olah vokal, rupanya pasar Hollywood lebih tertarik pada artis YG, CL contohnya.

Kesimpulan : Kualitas Vokal SM>YG

Performance dan Appearance

Yang dimaksud performance di sini adalah performa baik di panggung maupun MV. Menurut pengamatan saya sebagai Kpopers keduanya menyuguhkan performa yang sama-sama maksimal di atas panggung. Terbukti dari performa masing-masing artis di MAMA. Baik artis YG atau SM bersaing untuk membuktikan bahwa mereka lah yang terbaik. Namun, mau bagaimanapun artis SM kembali lagi diterpa masalah yakni rasio lipsync mereka ketimbang live. Seperti yang diberitakan oleh Allkpop, artis SM lebih banyak lipsync ketimbang live jadi ya sudahlah, namanya juga joget sambil nyanyi Britney Spears aja suaranya pecah kalau gitu mah. Dengan perbandingan gerakan dance itulah yang membuat YG unggul karena artis YG minim dance sehingga performa live mereka jauh lebih baik.


Apalah Kpop tanpa dance kan? Jadi menurut saya YG memiliki kekurangan yang cukup signifikan dalam hal koreografi. Meskipun mereka menciptakan koreografi, koreografi ala YG jauh lebih mudah ketimbang koreografi SM. Segampang-gampangnya koreo Suju saya masih suka kesusahan pas niruin gerakannya. Jadi, performance dari segi MV tentu saja SM yang menang. Lah iya wong isi MVnya ngedance dalam kotak. SM memiliki koreografi yang terbilang cukup rumit, hebatnya para artisnya dapat menampilkan dance itu dengan gerakan yang indah, harmonis, dan lugas. Great!!

Appearance, sebenarnya poin ini gak perlu dibahas karena kita sudah tahu juara penampilan ya SM. Mana ada artis SM yang jelek kan? Jelek pun disuruh oplas, sayangnya muka artisnya sekarang rusak gegara jarang dikasih jadwal istirahat. Terlepas dari penampilan fisik, secara fashion SM juga menang karena yah artis SM kan high class fashion. Rapi, cantik dan ganteng gitu. End of the story!
Eits, YG juga unggul karena gaya mereka yang gak biasa, anti mainstream, nyeleneh. Para artis YG dapat mengekspresikan dirinya masing-masing lewat outfit yang mereka kenakan. Mereka berani keluar dari zona aman dan menjadi diri mereka sendiri. Oleh sebab itu meski secara fisik mereka kalah dari SM, secara fashion mereka lebih unggul dari anak-anak SM.



Tapi SHINee dari SM juga memiliki gaya pakaian yang unik dan cenderung out of the box ketimbang artis SM yang lain looo.



Kesimpulan : Performance dan Appearance SM = YG

Manajemen Artis SM vs YG

Ini alasan saya meletakkan ini di poin terakhir karena sudah bukan rahasia lagi kalau SM tidak memperlakukan artisnya dengan baik, cenderung semena-mena dan wallahu alam hanya artis SM dan manajemen SM yang tahu. Jadi langsung saja ke kesimpulan.

Kesimpulan : Manajemen artis YG>SM

Nah lo! Tidak ada gading yang tak retak, sebaik apapun manajemen yang kita sembah. Seganteng apapun idol yang kita worship, semua tak ada yang sempurna karena kesempurnaan hanya milik Tuhan. Dari perbandingan yang saya jelaskan di atas dapat disimpulkan bahwa kedua manajemen besar ini berimbang, masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan. Jadi memang tidak ada yang terbaik dari dua manajemen besar ini. JYP mana JYP? Teriak anak JYP biased. Di sini saya tidak membahas JYP karena menurut saya JYP cenderung mirip dengan SM lagipula saya kurang mengulik banyak informasi mengenai manajemen yang menggawangi 2PM dan Wondergirls ini.


Comments