BlackPink - Rookie Monster or Copy Monster


Sebetulnya gak ada faedah sama sekali sih bahas atau review BlackPink di blog ini tapi entah rasanya gatal aja gitu mengungkapkan isi hati. Seharusnya waktuku lebih berfaedah untuk digunakan mempelajari isu-isu nasional terkini dan mencari solusinya demi bangsa Indonesia lebih baik. Tapi ya gimana, Kpop memang selalu punya cara untuk mendistraksi dan menarik seseorang ke dalam dunia tanpa ujung, tanpa jalan keluar #tsaah.

Baru-baru ini dunia perKpopan dihebohkan oleh debut girlband baru YG entertainment, I consider their debut as the Most Anticipated Girl Group Debut in 2016. Ya secara gitu, YG. Udah terbukti sukses dengan 2NE1 kan? Jarak yang cukup jauh yakni 7 tahun setelah 2NE1 debut membuat orang-orang makin menaruh ekspektasi yang tinggi pada girlgrup baru asuhan Yang Hyun Suk. Tapi ternyata memang lebih baik jangan berharap terlalu tinggi pada manusia, apalagi Yang Hyun Suk. Cukuplah aku menyia-nyiakan harapanku pada SM (namun untungnya SM kini semakin baik dan berbenah dan itu melegakan). Terlepas dari kekecewaan menjadi SMstan selama kurang lebih 8 tahun, ternyata kok ya YG tahun ini benar-benar mengecewakan dengan membuat debut BlackPink TIDAK GREGET SAMA SEKALI.

Seperti apa? Seperti twit yang kutulis kemarin tepat setelah menonton MV Boombayah dan Whistle di Vapp:

Memang benar BlackPink adalah anak YG, adik 2NE1, sama-sama badass, sama-sama gak menye-menye, sama-sama gahar, namun dengan demikian BlackPink hanyalah sekedar hasil fotokopi dari 2NE1. Setidak kreatif itukah kamu wahai Yang Hyun Suk? Ketika SM sudah membenahi skill Rap trainee mereka, memberikan MV yang semakin bagus dan jauh dari kotak kardus, sudah menjarah pasar Western dengan musik EDM dan kamu masih stuck di situ saja? Setidak inovatifkah kamu YG sehingga kamu cuma bisa mendaur ulang konsep 2NE1 terhadap BlackPink? Sia-sia banget bakat mereka kamu pegang kayak gitu.



BlackPink, bagiku, tak ubahnya hanyalah 2NE1 yang lebih muda dengan formasi yang lebih lengkap. Herannya, why should we praise them a lot if they're just a COPY? Orisinalitasnya mana? Konsepnya apa? Nilai beda dari 2NE1nya apa? Cuma menang di visual sama dance? Kalau yang kayak gitu mah di SM ada banyak kak.

"Ah dasar lo! Gak objektif! SMstan Iri hati! Awas nanti jad fangirlnya BlackPink lo! The Queen Slay!Bikin Fanwar aja lo?Lo sendiri gak bakal bisa debut YG, bitch!Muka lo udah kayak cantik banget aja ngejelek-jelekkin BlackPink!Emang lo bisa ngedance? nyanyi? ngerap?"
Seperti itu nanti pasti tanggapan dari para YGstan yang terlalu mendewakan agensinya. Nyatanya memang YG tidak inovatif. Aku juga gak iri hati atau membenci BlackPink. Aku appreciate mereka tetap beda dari girl group mainstream tapi tak serta merta aku memuji mereka hanya karena berbeda. Karena sebetulnya dia cuma tiruan saja, iya tiruan 2NE1 berkat Yang Hyun Suk yang gagal move on dan kehabisan konsep ide untuk membentuk BlackPink ini. Rasanya terlalu dini kalau kita bilang BlackPink itu Rookie Monster atau Queen of The Kpop. Terlalu dini.


Sebetulnya para member BlackPink itu skillnya bagus, di atas rata-rata malah, hanya saja karena mereka adalah THE COPY OF 2NE1 jatuhnya mereka gak punya originalitas. Katakanlah Rap Jennie yang mirip banget sama CL, oh please~ Lalu vokal Rose yang cenderung ke-CL-an dan ke-BOM-an. Vokal Jisoo yang bagus sebetulnya sudah merupakan peningkatan namun vokalnya terlalu mirip dengan Minzy. Cuma Lisa yang berani menunjukkan warnanya sendiri. Cuma Lisa yang kelihatan berbeda dari kakak-kakaknya (re: 2NE1).


Ayolah YGstan buka mata kalian! Harusnya kalian sama-sama protes ke YG dong agar bisa memberikan konsep yang lebih bagus dari ini untuk BlackPink. BlackPink deserves better not just recycled concept. Ya masa, sampai konsep agensi sebelah juga dipake buat MV mereka kan gak lucu yes?!

Aku sebetulnya sempat memikirkan kira-kira konsep apa sih yang bakal dipakai BlackPink nanti? Melihat dari teaser mereka ketika naik mobil Jeep di gurun pasir dan ketika mereka berpakaian layaknya anak sekolah, aku berharap mereka benar-benar punya konsep yang BOLD dan membedakan mereka dari 2NE1, gak cuma 2NE1 tapi juga girl group lain. Eh ternyata harapanku pupus sudah, konsep, lagu, set MV, suara, style, make up, appearance benar-benar mengkopi 2NE1.


Kalau buat aku sendiri ya, ini bisa dijadikan saran buat YG untuk masa depan BlackPink ke depannya. BlackPink sebaiknya diberikan konsep agak manis gitu, manis tapi tetap gahar. Karena konsep "SANGAT GAHAR" sudah dimiliki 2NE1. Karena dia adalah adik dari 2NE1 dia bisa dijadikan adik yang manis namun tidak semenye-menye girl group mainstream. Lihat aja SM tuh, antara SNSD, f(x), hingga Red Velvet semua konsepnya berbeda, masing-masing punya warna. Lah BlackPink apa warnanya? Apa yang bikin mereka keliatan beda dari kakaknya? YG harus memikirkan hal itu. At least style sama genre musiknya lah, jangan cuma nambahin visual sama Dance doang. Ya liat deh foto teaser itu, kan lucu gitu mereka gahar tapi tetap keliatan manis lah sementara MV, lagu, dan style hasil dari recycle 2NE1 doang.


Konsep MV mereka bener-bener recycle banget dari MV kakak-kakaknya bahkan nyomot dikit dari agensi sebelah juga. YGstan gak malu? Katanya stan kualitas? Lah sekarang kebukti kan siapa yang mikirin kualitas? Gak malu ngatain agensi sebelah modal tampang doang? Lah sekarang YG juga mainnya tampang kan?


 Warna sinematografi boleh beda, mobil harus tetep ada gitu ya YG? 


 Lalu ada I don't care e e e e e I don't care e e e e e e


Dulu kandelirnya kecil, sekarang kandelirnya besar ya e e e e 



 Masih dibandingin dulu sama kakak, ada banyak kok yaa


I wanna rock your body, I don't wanna make some noise 


 Masih ada lagi looo yuhuuuuuu bener kan konsepnya direcycle? YG recycle? Kok bisa?!


Chapseulttok heeeeei Chapsseulttook heeeeei uwame heeee uri uri uwame heeey


Ini belum dibandingin sama agensi sebelah loh yaaa masih kakak niiih


Baby baby jigeum chorom mal areumdawo yune neool shigani jinna tto naega solle suitkeee~ wouwoo 


"Apaaaa YG niru SM? Emang dikira yang punya konsep SM doang? Konsepnya bebas dong dipake siapa aja? AH GAK MIRIP!? Ah cuma sebagian doang! Alah SM juga kurang originalitas kok ..."
Nananaananananana


Pyeonghaengsang neomooooo neomooooo I DON'T MIND!!! Yeaaaa SM DON'T MIND BABE


"INI PASTI YANG NGEPOST HATERSNYA BLACKPINK!! QUEEN TETAP SLAAAAYYY!!"
pparamparamparamparam hui paraaam!


DUMB DUMB DUMB DUMB DUMB DUMB DUMB DUMB DUMB DUMB DUMB DUMB



HATERS GONNA HATE SM HAHAHAHAHAHA!!!


IT'S JUST COME AUTOMATIC!!


Masih gak percaya kalau YG gak kreatif? Keputusan ada di tangan kalian sendiri wahai YGstan HAHAHAHAHAHAHAHA


SHUT UP BABY HARUJONGIL GAJJIMAN! NAN EOTHOKAEYA BLABLABLA MOREUGESSEO NAN! UUH BABY BABY BABY BABY


Masih berpikir kalau BlackPink itu Rookie Monster? Think twice! Their debut don't even satisfying. It was just recycled from old concept and genre, THEY DESERVES MORE THAN JUST A RECYCLED CONCEPT YG!!!

Ya aku memang ini baru awal, tapi aku sungguh-sungguh berharap ke depannya BlackPink akan punya warna sendiri yang kalau bisa membuat mereka JAUH LEBIH BAIK dari kakaknya bukan sekedar niru kakaknya. Nah begitulah waktuku yang tak berfaedah hanya untuk mengungkapkan uneg-uneg mengenai BlackPink ini. Good Luck Lisa, Jisoo, Jennie, dan Rose ya!! Be better!

Dan terima kasih karena telah meluangkan waktu untuk membaca postingan tidak berfaedah ini haha

Comments

  1. dari baca artikel magang, nyasarnya ke sini :3

    itu lagunya yg bikin sama" teddy maybe jadi kaya ga ada bedanya lagu 2ne1 sama blackpink gtu :'v
    YG makin kesini makin php, 2ne1 ga comeback", winner EXIT baru album E doang
    sedih, tapi fans far bisa apa :' padahal member blackpink berbakat pake banget

    ReplyDelete
  2. at the end of the day, blackpink won many award for their debut :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for visiting my blog, kindly leave your comment below :)