Review 5 Album K-Pop 2017

Aku tuh tipe orang yang jarang banget dengerin lagu satu album, biasanya sih cuma dengerin satu single yang lagi hits aja. Ya sebut aja pilih-pilih, aku gak dengerin semua lagu dalam A HEAD FULL OF DREAMS-nya Coldplay atau OK! COMPUTER-nya Radiohead atau ABBEY ROAD-nya The Beatles. Aku dengerin beberapa lagu yang kebetulan hits dan dibuat MVnya aja. Sama, album K-pop juga gitu. Sejak dulu aku cuma dengerin satu atau dua lagu dari sebuah album.

Hanya saja, teknologi semakin berkembang. Kini mendengarkan lagu gak perlu susah susah download file ilegal satu per satu atau download ilegal satu album. Kini ada Joox, iTunes, Spotify yang sangat memudahkan penikmat musik streaming satu album full dari seorang atau sekelompok artis. Walaupun aku sendiri masih juga download satu album full. Loh sejak kapan mulai download album full? Bukannya tadi bilang cuma dengerin satu atau dua lagu aja?

Yap, kebiasaan untuk dengerin satu lagu aja mulai berubah sekitar tahun 2015 atau 2016 lalu. Saat itu, satu album full yang pertama kuunduh sendiri (bukan ngopi punya temen, tetep dilakukan dengan cara ilegal) adalah Coldplay GHOST STORIES. Saat itu aku coba dengerin semua track yang ada di album Coldplay dengan title track A SKY FULL OF STARS tersebut, it ended up get me addicted. Sejak saat itu aku selalu mengunduh satu album full untuk artis-artis yang kusuka. Lagi-lagi hal ini semakin dipermudah dengan Spotify, tanpa perlu nunggu link download aku sudah bisa streaming satu album full! Gratis, gak ilegal, support artis lagi.


Saat ini playlist Spotifyku udah ada belasan atau hampir dua puluhan mungkin, sebagian besar adalah playlist yang kubuat berdasarkan satu album penuh artis tertentu. Kadang aku juga nyelipin satu atau dua single di album tersebut sih, alasannya biar gampang dengerinnya hahaha. Aku punya hampir semua album EXO, lalu ada album solo Taeyeon, hampir semua album Red Velvet, ada juga trilogi Hwanghan Younghwa BTS sama WINGS, album NCT FIRETRUCK sama LIMITLESS, ada satu album full Paramore BRAND NEW EYES, Walk Off The Earth, Depapepe, Yiruma, and so on. Dan yang kali ini ingin kubahas adalah 5 Album K-Pop yang sering banget aku dengerin via Spotify. Apa saja ya?
  1. EXODUS - EXO
  2. Pilihan pertamaku jatuh ke EXODUS. Well, dibandingkan album EXO yang lain (apalagi EX'ACT) album ini adalah album yang paling aku suka. Musiknya grand, dark, sekaligus nunjukin ini lho EXO banget. Lagunya seolah-olah lagunya para alien gitu. Hampir semua track dalam album ini aku suka, kecuali Transformers sih karena musiknya terlalu elektronik dan gak masuk di kuping aku. EXODUS merupakan album kedua EXO dan album yang menjadi pelampiasan anak-anak EXO pasca ditinggal Luhan dan Kris. Tao sempat terlibat dalam album EXODUS namun pada versi repackagednya, Tao malah keluar. Lucu sih tapi untung aku dengerin yang Korean version jadi engga ngaruh ada Tao atau engga. Untuk track favorit sejujurnya aku agak bingung, karena seperti yang aku bilang tadi aku suka hampir semua lagu yang ada dalam EXODUS (sekaligus repackagednya LOVE ME RIGHT). Tapi yang paling aku suka itu Beautiful, Hurt, Exodus, Love Me Right, sama El Dorado. Album ini senantiasa mengingatkanku bahwa aku mencintai EXO karena mereka punya musik se-mewah album yang dirilis tahun 2015 silam ini.
  3. MY VOICE - TAEYEON
  4. Dari sekian album yang masuk daftar album yang sering aku dengerin via Spotify, MY VOICE adalah album baru. Ya, album MY VOICE merupakan album full pertama Taeyeon yang dirilis sekitar awal Maret atau akhir Februari 2017 ini. Fresh from the oven banget lah istilahnya. Album ini menduduki peringkat kedua karena hampir atau bahkan semua lagu dalam album ini tuh bagus. Aku sebetulnya berencana untuk membuat review solo dari album MY VOICE ini tapi gak mungkin karena kosakata musikku tuh cetek banget. Bicara tentang genre, Taeyeon tuh sebenarnya cocok sama genre apapun, entah ballad, R&B, Blues, bahkan EDM sekalipun. Ya jelaslah ya, orang main vokalis SNSD udah 10 tahun dan gak ada yang bisa meragukan skill vokal Taeyeon. Album MY VOICE sendiri berisi 12lagu dengan genre berbeda seperti yang telah aku sebutkan sebelumnya. Album ini mengisahkan tentang seorang cewek pasca putus yang berusaha tegar dan kuat. Ini lho aku gak cengeng, setidaknya itu yang ingin disampaikan Taeyeon dalam album MY VOICE ini. Track favorit dari MY VOICE buatku adalah Fine, When I Was Young, Cover Up yang bernuansa EDM, Time Lapse,Love in Color, dan Eraser. Lagu yang paling engga aku suka adalah I got Love, entah kenapa kesannya stensilan dan dangdut banget walaupun gak masuk di kuping karena Taeyeon yang nyanyi sih masih bagus aja gitu. Hanya saja I Got Love wasn't my cup of tea, beda selera.
  5. LIMITLESS - NCT 127
  6. Karena aku anak SM, sudah tentu dong kalau aku dengerin hampir semua album anak SM. Dan setelah SM mendebutkan boygroup baru yakni NCT, notabene aku langsung jatuh cinta, ya udahlah aku langsung stream dua album mini mereka. Mulai dari FIRETRUCK yang dirilis Juli 2016 lalu sampai LIMITLESS yang dirilis tahun ini. Bahkan album mini banget dari NCT DREAM juga aku stream lho saking nge-freaknya. Well, sebetulnya aku suka FIRETRUCK hanya saja track yang ada di LIMITLESS ini bisa dibilang lebih bagus dan ear catchy daripada di FIRETRUCK. Beatnya lebih slow, lebih ke R&B, dan gak seberisik FIRETRUCK yang penuh dengan EDM. Beruntung Johnny dan Doyoung dimasukin ke 127 saat NCT merilis mini album kedua ini karena karakter vokal dua member baru tersebut lebih cocok ke album LIMITLESS yang lebih santai dan gak berisik kayak FIRETRUCK ini. Dan as usual, hampir semua lagu dalam LIMITLESS aku suka. Track favoritku adalah Angel, Back 2 U, Good Thing, dan Limitless. Aku kurang suka Baby Don't Like It karena biasku (Jaehyun sama Yuta) engga dapat part nyanyi tapi lagu tersebut tetep aja masih enak banget didengerin di kuping.
  7. YOUNG FOREVER - BTS
  8. Banyak banget yang bilang kalau WINGS adalah Masterpiece dari Bangtan Seonyeondan (BTS). Well, aku mengakui hal itu. Kalau dibilang kaya, tentu genre dalam WINGS lebih kaya dan beragam daripada album Bangtan lainnya. Apalagi masing-masing member punya jatah solo dan comebacknya itu lho grand banget. Banyak yang bilang masa keemasan BTS adalah era WINGS. Tapi buatku, album terbaik Bangtan masih dipegang oleh Hwahang Younghwa (Trilogi Young Forever). Kenapa? Karena hampir semua lagu di dalamnya aku suka, sampe ke Cypher sekalipun aku dengerin gitu lho. Terutama album HYYH yang terakhir, EPILOGUE, duh itu favoritku banget. Aku suka aja hiphop rasa ballad dengan lirik yang dalam, beat yang selow, dan juga kekayaan genre seperti dalam HYYH. Track favoritku dari HYYH adalah Run, I Need U, Save Me, Young Forever: Epilogue, Butterfly, Whalien 52, dan Converse High.
  9. I - TAEYEON
  10. Sebetulnya ada album K-Pop lain yang aku stream juga di Spotify sebut saja Luna LOVE SOMEBODY, Jessica WITH LOVE, J, dan juga f(x) 4 WALLS. Hanya saja Taeyeon ini memang punya kekuatan tersendiri untuk membuat seseorang gak bisa untuk tidak addicted sama lagunya. Seperti dalam mini album pertama yang menandai karirnya sebagai solois, I. Mini album ini isinya mungkin cuma 5 atau 6 track tapi Taeyeon dapat membuat semua track tersebut enak didengar. Album terbaru Taeyeon, MY VOICE, bahkan juga terdengar seperti I hanya dalam versi lengkapnya saja. Ada beberapa track yang mirip dari I dan MY VOICE. Sebut saja When I Was Young agak mirip U R atau I'm OK yang kedengeran kayak Stress dari I. Gak ada alasan untuk gak dengeri album-albumnya Taeyeon sih (kata orang yang belum dengerin WHY). Well I dan MY VOICE ini benar-benar album favorit dari Taeyeon. Speaking of favorit aku paling suka lagu I, U R, dan Stress.
Seperti yang aku bilang, kosakataku tentang musik itu minim banget jadi review album K-Pop ini juga sekenanya saja bukan bahasa anak-anak yang sudah berpengalaman mengisi rubrik musik. Dan seperti yang sudah umum diketahui tentu saja seleraku berbeda dengan selera kalian semua. Bisa jadi apa yang kusuka justru tidak kalian suka dan apa yang kalian suka tidak kusuka. Perlu diingat juga bahwa selera musikku ini agak receh jadi ya 5 album ini memang terbilang masih mainstream. Toh aku juga belum dengerin atau streaming full album Bobbalgan4 atau solois K-Pop lainnya. Well, itu adalah penilaianku tentang album K-Pop yang sering aku stream via Spotify. Ingat, untuk mendukung idola ada baiknya kita dukung mereka dengan cara yang legal. Contoh sederhananya ya menggunakan Spotify.

Bagi kamu-kamu yang punya album K-Pop rekomendasi lain, bisa banget kok berbagi dan bertukar opini di kolom komentar. Yah sekalian lah ya tambah-tambah referensi apa yang harus atau tidak didengerin. Ingat, yang kuposting di sini adalah ALBUM bukan single, kalau aku review single postingannya akan semakin panjang hahahaha.


Comments